murai batu borneo kalimantan

Mengenal Burung Murai Batu Borneo

Burung murai batu mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta burung lomba. Dari berbagai daerah peminat burung kicau yang satu ini begitu banyak. Salah satu jenis yang populer dan banyak dipelihara yaitu burung murai borneo.

Sesuai dengan namanya, burung murai ini berasal dari pulau kalimantan yang mempunyai julukan pulau borneo. Habitat burung ini tersebar luas hampir di seluruh daerah kalimantan. Bagi orang pedalaman murai borneo dianggap sebagai hewan istimewa yang disegani.

Jenis murai batu yang satu ini sedikit unik bila dibandingkan dengan murai sumatera. Meskipun burung ini jarang digunakan sebagai burung kontes, namun banyak orang yang menyukainya.

 

Jenis Murai Batu Borneo

Borneo julukan dari Pulau Kalimantan yang bahkan banyak diketahui oleh bangsa asing. Jenis murai batu kalimantan setidaknya terbagi menjadi tiga yaitu murai batu banjar, palangka dan mahkota.

Murai Banjar (Borneo)

Burung murai banjar ialah turunan dari spesies murai borneo. Burung ini tersebar di kalimantan timur hingga kalimantan utara. Murai banjar menjadi salah satu yang dicari oleh penggemar burung kicau karena memiliki suara yang merdu. Memang dari segi fisik jauh lebih kecil, ciri khas murai banjar yaitu mempunyai bulu dada berwarna cokelat terang.

Murai Palangka Borneo

Tidak sama dengan murai banjar, umumnya habitat burung murai palangka hanya di sekitar Kalimantan Barat sampai Kalimantan Tengah saja. Ciri utama yang menjadi perbedaan ialah ekor murai palangka sedikit lebih panjang, antara 15-18 cm.

Murai Batu Mahkota Borneo

Perbedaan dari burung murai batu mahkota asal kalimantan yaitu mempunyai warna putih pada bagian atas kepalanya. Oleh sebab itu banyak orang yang menyebutnya sebagai murai mahkota. Kualitas suara dan variasi bunyi burung ini juga tidak jauh berbeda dengan jenis murai borneo lainnya.

 

Kelebihan Burung Murai Borneo Kalimantan

Setiap burung kicau tentu memiliki kelebihan maupun kekurangan, jadi wajar saja bila ada yang suka dan tidak menyukainya. Berikut beberapa kelebihan serta keunikan murai kalimantan secara umum:

  • Meskipun ukuran tubuh burung ini kecil, tapi ternyata postur tubuh jauh lebih gagah dibandingkan burung lainnya.
    Fakta nyata bahwa ekor burung ini jauh lebih pendek dibandingkan murai batu sumatera.
  • Murai borneo adalah burung isian yang baik dan juga sangat cerdas, dia dapat menirukan banyak suara.
  • Suara kicau burung ini lebih gacor dan nembak, kemudian durasi suara begitu rapat.
  • Mental jauh lebih bagus karena burung ini kebanyakan didapatkan di alam liar.
  • Perawatan burung murai borneo sangat mudah dan praktis.
  • Kemudian terdapat berbagai jenis murai borneo yang mempunyai kelebihan khusus maupun kekurangan.

 

 

Tips Merawat Murai Batu Borneo

Mungkin sobat masih bertanya-tanya, bagaimana cara merawat burung murai batu borneo ini. Sebenarnya perawatan jauh lebih gampang, dengan pola pemberian pakan dan ekstrafooding yang tepat pasti akan meningkatkan kualitas kicau burung.

Lalu perhatikan pula perawatan harian, dimana waktu mandi, menjemur, dan mengembunkan. Sebaiknya sekali-kali burung diberikan latihan abar dengan burung lain. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan keberanian burung.

Perawatan yang terpenting ialah ketika burung mabung atau berganti bulu. Pada masa ini sebaiknya burung murai harus diperhatikan, jika tidak maka dapat menurunkan kualitasnya, baik itu suara maupun mental yang menjadi lemah.

 

Sekarang ini mulai banyak orang yang bersimpati dengan burung murai batu borneo asal kalimantan ini. Pasalnya karena termasuk burung isian yang mudah di latih. Jadi semakin baik perawatan dan latihan yang diberikan maka burung bisa menjadi lebih bermutu. Itulah sedikit pembahasan dari kami terkait burung murai borneo, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *