mengatasi murai batu over birahi

Mengatasi Murai Batu Over Birahi

Persoalan murai batu mengalami over birahi secara berlebihan kerap membuat kita kesulitan. Memang kualitas suara dan bunyi pada burung murai batu memang dipengaruhi oleh tingkat birahi. Ketika birahi burung meningkat maka menjadi lebih cepat emosi sehingga rajin bunyi.

Akan tetapi apabila murai batu terlalu over birahi justru kurang bagus pula. Pasalnya kondisi emosi burung kicau pada saat lomba harus seimbang.

Ketika mengalami birahi yang berlebihan murai batu akan asal berbunyi tanpa memperhatikan keadaan sekitar. Tentu saja tingkah laku burung saat lomba menjadi poin penilaian para dewan juri.

 

Penyebab Murai Batu Over Birahi

Ada beberapa penyebab yang memungkinkan burung murai batu mengalami tingkat birahi yang berlebihan. Pada dasarnya hal ini biasa dipengaruhi oleh faktor perawatan dan latihan. Di bawah ini kemungkinan penyebab kenapa murai batu jadi over birahi:

  • Dari segi pakan penyebab burung birahi yakni karena ekstrafooding yang berlebihan, seperti pemberian jangkrik, kroto, ulat hongkong serta makanan tambahan lain.
  • Karena pola perawatan yang tidak sesuai, hasilnya burung menjadi tidak begitu diperhatikan.
  • Burung kurang jemur dan tidak secara rutin dimandikan setiap pagi.
  • Salah menempatkan sangkar, biasanya akibat dekat dengan burung betina.
  • Birahi bisa meningkat karena pemilik selalu mengganggu burung dan memaksanya untuk berbunyi.
  • Kemudian bisa juga karena kesalahan pemberian voer dan vitamin.

 

Kelebihan Serta Kekurangan Murai Batu Birahi

Kondisi birahi pada burung kicau tentu memiliki dampak positif dan negatif. Jadi sobat harus tahu dampak mana yang paling dominan mempengaruhi burung kicau:

Kelebihan burung birahi

Apabila burung murai ingin dikembangbiakan tentu kondisi ini sangat menguntungkan karena burung siap dikawinkan. Kemudian burung murai batu cepat emosi sehingga lebih sering gacor. Birahi yang masuk kategori wajar memiliki dampak positif bagi burung, tapi sebaliknya jika berlebihan.

 

Kekurangan burung birahi

Meskipun birahi pada burung mempunyai dampak positif, namun di sisi lain bisa juga merugikan pemiliknya. Pertama burung tidak bisa di bawa untuk lomba karena keadaan mentalnya tidak stabil. Burung jadi lebih agresif dan terlihat ganas. Kemudian apabila birahi berlebihan bisa menyebabkan burung bertarung dengan betina ketika dijodohkan.

 

Bagaimana jika burung kurang birahi?

Ini bisa jadi alasan bagi sobat kenapa sebaiknya burung berada dalam keadaan yang stabil. Pasalnya burung kurang birahi juga tidak bisa diandalkan untuk kontes. Biasanya dia akan macet bunyi, mental lemah, tidak bergairah ketika kontes. Selain itu nafsu yang kurang akan membuatnya sulit untuk dikawinkan.burung murai sedang birahi

 

Cara Paling Ampuh Mengatasi Murai Batu Over Birahi

Kondisi birahi pada hewan sangatlah wajar, namun sebaiknya sobat bisa mengendalikan ini. Memang awalnya kita ingin burung lebih cepat emosi, namun bila sudah kelewat justru tidaklah bagus. Berikut cara mengendalikan tingkat birahi supaya tidak over:

 

1. Memasukan burung ke kandang umbaran

Salah satu cara menurunkan birahi pada burung yaitu dengan memasukannya ke kandang umbaran. Kandang harus sedikit lebih besar agar burung merasa hidup di alam bebas sehingga dia bisa bergerak leluasa. Selain itu metode ini juga bisa menekan tingkat stres pada burung lomba.

 

2. Menekan pemberian ekstrafooding

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bila murai batu over birahi bisa disebabkan kelebihan ekstrafooding. Maka dari itu sobat dapat menekan pemberiannya. Misalnya hanya dengan memberi burung beberapa ekor jangkrik serta mengurangi pakan tambahan lainnya.

 

3. Mengembunkan murai batu

Mungkin sobat masih banyak yang belum paham mengenai istilah mengembunkan murai batu. Cara ini yaitu mengeluarkan burung pada saat pagi hari, yaitu antara jam 6 sampai jam 7 pagi sebelum dimandikan dan dijemur. Pengembunan bermanfaat menyegarkan burung sehingga birahi burung akan menurun.

 

5. Memberikan cacing

Cacing tanah ternyata bermanfaat menurunkan birahi pada burung murai batu. Cara ini terbukti ampuh dan kerap dilakukan oleh pecinta burung kicau. Cacing sangat kaya protein hewani yang juga bagus untuk burung, pasalnya di alam liar burung murai juga memakan cacing tanah.

 

6. Memandikan burung

Sobat juga bisa mengatasi masalah ini dengan merubah waktu mandi burung menjadi lebih sering. Jika biasanya hanya dilakukan sekali yakni pada pagi hari, maka sobat bisa memandikan burung menjadi dua kali. Kondisi suhu tubuh yang dingin dapat membantu menenangkan tingkat birahi.

 

7. Waktu penjemuran

Menjemur burung kicau memang menjadi rutinitas yang wajib dilakukan, namun pada masa birahi sebaiknya dikurangi. Sobat dapat menjemur dengan durasi di bawah satu jam saja.

 

8. Mengawinkan burung

Kemudian cara terakhir untuk mengatasi burung murai birahi yaitu dengan mengawinkannya. Sudah jelas kondisi ini karena burung mau kawin. Namun biasanya kualitas burung kicau akan menurun bila dikawinkan.

 

 

Kondisi burung murai batu over birahi terkadang memang menjadi kendala penghobi burung. Maka dari itu kita perlu mengendalikannya, itulah beberapa cara yang bisa sobat terapkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *