cara menjinakkan murai batu

Begini Cara Efektif Menjinakkan Murai Batu Liar

Sebagai pecinta burung kita perlu tahu bagaimana cara menjinakkan murai batu, apalagi jika burung berasal dari alam liar. Masalah burung murai tidak mau bunyi biasanya dipengaruhi oleh faktor burung giras atau merasa ketakutan. Maka dari itu sobat perlu membuatnya tidak takut kepada orang maupun burung lain.

Merawat burung murai bakalan hasil tangkapan dari hutan memang tidak mudah, biasanya memerlukan proses sedikit lama sampai bisa di bawa lomba. Menjinakkan burung yang diperoleh dari alam liar memang sedikit rumit, tentu sedikit berbeda dengan burung yang dibeli dari peternakan.

Memang memilih burung liar memiliki suara kicau yang lebih berkualitas. Biasanya mental burung sangat berani karena berani melawan saat di pikat menggunakan burung lain. Jadi sebagai seorang pemilik kita perlu tahu cara yang efektif menjianakkannya. Kali ini kita akan sedikit membahasnya, nah sobat bisa memakai metode ini sebagai referensi.

 

Cara Cepat Menjinakkan Burung Murai Batu Supaya Cepat Bunyi

Burung liar yang tidak mau bunyi sangatlah wajar, kemungkinan dia takut dengan orang, takut keramaian dan merasa tidak terbiasa karena burung tersebut berasal dari hutan. Di bawah ini beberapa cara menjinakkan burung murai batu hasil tangkapan hutan:

 

1. Adaptasi Lingkungan

Langkah awal menjinakkan murai batu liar ialah dengan melakukan adaptasi dengan kondisi lingkungan yang baru. Burung biasa hidup di alam bebas dan kemudian di masukkan ke sangkar, jelas ini akan membuatnya stres, ketakutan sehingga butuh penyesuaian. Pada masa adaptasi ini sebaiknya burung murai diberikan makanan yang dia sukai, misal jangkrik dan ulat. Makanan yang biasa ditemukan di alam liar pasti menjadi pilihan terbaik agar dia cepat adaptasi.

 

2. Biarkan di Tempat Ramai

Apabila burung takut dengan orang maka jangan dibiarkan di tempat sepi, justru sebaiknya diletakkan di keramaian. Walaupun pada awalnya dia akan memberontak menabrak sangkar nanti lama-lama akan terbiasa dengan lingkungan barunya. Jadi jangan takut sayap burung dan ekor rusak maupun burung lecet karena ini hal yang wajar. Pada awalnya pasti burung murai batu akan stres tapi jika sobat sabar pasti burung bisa beradaptasi.

 

3. Memandikan Murai Batu

Memandikan burung merupakan perawatan yang penting supaya burung jadi berkualitas. Di samping itu, memandikan burung bermanfaat membuatnya jadi lebih jinak dan penurut. Faktanya cara ini bisa membuat pemilik lebih dekat kepada peliharaan kesayangan mereka.

Cara memandikan burung

  • Pertama sobat dapat memandikan dengan menggunakan semprotan spray. Burung murai yang liar pasti akan melompat dan berusaha menghindari semprotan.
  • Namun jangan khawatir, sobat tetap harus membasahinya sampai selesai. Lakukan secara rutin maka burung akan terbiasa sehingga menjadi lebih jinak.
  • Memandikan burung dengan dipegang pakai tangan dapat dijadikan pilihan yang tepat.
  • Biasanya burung yang mempunyai sifat liar dikarenakan takut dengan orang, jadi memandikan dengan dipegang langsung akan membuatnya lebih dekat dengan sang pemilik.
  • Namun hati-hati saat melakukannya, jangan sampai lepas atau jangan sampai burung cedera karena sobat melakukannya terlalu keras.

 

4. Menjemur Burung Murai

Menjemur burung murai di halaman sekitar rumah akan membuatnya cepat adaptasi. Dia akan berusaha menghafal lingkungan tempat tinggal yang baru. Jangan salah, ternyata hewan peliharaan mampu mengenali orang di sekitarnya. Jadi semakin dia terbiasa dengan itu akan membuatnya bisa merasa tenang dan tidak takut.

 

5. Memaksimalkan Ekstrafooding (EF)

Selanjutnya sobat perlu menggenjot pemberian ekstrafooding agar gizi burung lebih terjamin. Kebutuhan pakan yang terpenuhi dapat menurunkan tingkat stres pada burung murai. Beberapa pakan yang dapat diberikan yaitu jangkrik, kroto, ulat hongkong dan berbagai jenis EF lainnya.

 

6. Melatih Burung Murai

Latihan bisa sobat terapkan apabila burung murai sudah terlihat agak jinak, jika belum jangan lakukan dan sebaiknya tetap fokus pada perawatan menjinakkan. Melatih burung bermanfaat untuk membangkitkan keberanian dan mental agar burung tidak merasa ketakutan.

Untuk tahap awal saya sarankan latihan menggunakan suara MP3 karena jauh lebih aman. Saat kondisi mental belum stabil jangan mendekatkannya dengan burung lain karena bisa memicu trauma sehingga dia macet bunyi.

 

7. Melakukan Latihan Abar

Para pecinta burung biasa memakai istilah abar untuk menyebut latihan dengan burung lain. Latihan yang satu ini akan membiasakan burung kicau berada di dalam lomba. Biasanya cara ini sangat efektif bagi burung yang mengalami masalah mental lemah. Latihan abar juga bisa menambah variasi suara kicau burung menjadi lebih baik lagi.

 

 

Beberapa cara menjinakkan burung murai yang disebutkan di atas memiliki konsekuensi dan tingkat resiko terhadap burung. Nah setiap program pasti mempunyai dampak, baik itu positif ataupun negatif. Tapi jika sobat melaukuannya dengan benar dan konsisten pasti burung liar hasil tangkapan dapat jinak dengan cepat. Apabila burung sudah jinak maka selanjutnya tinggal diberikan perawatan sampai dia bisa di bawa ke lomba. Demikianlah penjelasan dari kami, salam pecinta burung murai.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *