Mengenal Burung Larwo Sebagai Murai Jawa Asli

Murai Larwo yang merupakan burung asli dari pulau jawa dikatakan terancam punah. Burung ini termasuk yang cukup populer bagi penggemar burung kontes.

Burung kicau satu ini berasal dari famili dari ordo Passeriformes, yakni merupakan satu dari sekian banyak jenis burung murai batu. Murai batu merupakan burung teritorial dimana jenisnya tersebar di berbagai daerah.

 

Mengenal Burung Murai Batu Larwo

Klasifikasi murai memang tersebar luar di berbagai belahan dunia, terutama Asia Tenggara. Berdasarkan habitatnya murai larwo dulu kala menjadi binatang liar yang sangat mudah ditemukan.

Akan tetapi untuk saat ini keberadaan burung murai jawa asli ini hampir terancam punah. Dulu populasi terbesar terdapat di jawa timur, tapi sekarang sudah langka.

Berdasarkan ciri fisik, Murai larwo hampir sama persis dengan murai batu pada umumnya. Hal ini wajar saja karena sama-sama burung murai, hanya saja beda jenis.

Hakikatnya burung ini memiliki suara kicau yang bagus dan begitu disukai oleh banyak orang. Kemudian murai jawa adalah burung isian yang bisa menirukan suara burung lain. Maka dari itu menjadi burung kicau yang digemari.

 

Ciri Murai Larwo Asli Jawa

ciri murai jawa asli
ciri larwo murai jawa asli

Apabila dilihat sekilas memang burung ini tidak berbeda dengan murai batu sumatera. Namun secara spesifik memiliki ciri yang sedikit berbeda.

  • Dari daerah persebarannya burung murai larwo berada di pulau jawa.
  • Kemudian ukuran murai batu larwo jauh lebih kecil dibandingkan jenis lainnya.
  • Pada bulu dada terdapat warna hitam seperti. Bila murai sumatera memiliki batas bulu di atas perut.
  • Ekor murai jawa lebih pendek dibandingkan jenis lainnya.
  • Variasi kicau burung ini masih kalah dengan murai Sumatera.
  • Ciri unik murai larwo yaitu saat dia berbunyi maka bulu di atas kepala akan naik seperti jambul.

 

Benarkah Murai Larwo Terancam Punah?

Tidak hanya untuk murai larwo saja, pasalnya saat ini sebagian besar spesies burung liar memang terancam punah. Hal ini disebabkan oleh ulah tangan manusia itu sendiri. Misal seperti para pemburu burung, penjual burung ilegal dan oknum yang tak bertanggung jawab.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk melakukan pengembangan, namun hasilnya tetap belum maksimal. Meskipun kepopuleran murai larwo tidak seperti murai batu sumatra, namun rasanya sangat memprihatinkan bila populasi burung ini semakin langka.

 

Harga Murai Larwo Asli Jawa

Meskipun bisa dikatakan burung ini begitu langka, namun harga murai larwo asli cukup terjangkau. Tidak seperti jalak bali dan murai sumatera yang harganya sangat mahal.

Tapi sobat jangan salah sangka, untuk burung murai jawa yang sudah pernah menang lomba pasti harganya juga mahal. Umumnya burung ini di bandrol Rp. 1 juta – 2 juta untuk yang mempunyai suara bagus.

 

Karena burung murai larwo asal jawa ini sudah semakin sedikit, sebaiknya anda yang memilikinya mencoba membudidayakannya. Siapa tahu kedepannya memiliki peluang yang menjanjikan. Pasalnya semakin langka pasti harga burung ini akan semakin naik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *