Cara Membuat Murai Batu Cepat Emosi

Cara Membuat Murai Batu Cepat Emosi

Tingkat emosi dan mental pada burung murai batu memang diperlukan ketika berada pada arena kontes. Ada berbagai cara yang bisa sobat lakukan untuk membuat murai batu cepat emosi dan agresif.

Akan tetapi untuk memicu murai agar emosi tidaklah mudah, maka dari itu harus dilatih. Ada beberapa burung yang memiliki mental baja ketika di rumah, namun saat di bawa lomba justru tak bunyi.

Umumnya tingkat emosi pada burung murai batu sangat berkaitan erat dengan masa birahi. Ketika birahi burung memiliki emosi yang bagus dan lebih agresif untuk berbunyi.

 

Kenapa Burung Murai Batu Harus Cepat Emosi?

Sobat perlu tahu, hampir semua jenis burung kicau harus memiliki mental dan emosi yang bagus. Jika tidak maka apabila di bawa lomba akan percuma karena tidak mau bunyi.

Kemudian tingkat emosi pada burung kicau harus diimbangi dengan stamina yang bagus. Pasalnya ketika mental burung naik dia akan terus gacor dan menghabiskan tenaga. Agar mampu bertahan hingga akhir kontes burung wajib memiliki stamina yang kuat.

 

Bagaimana Ciri Murai Batu Sedang Emosi

Bagi penggemar burung yang sudah pengalaman tentu tahu ciri burung yang sedang emosi. Namun untuk pemula pasti akan sedikit bingung mengenali ciri-cirinya. Berikut ciri dan karakter burung murai sedang emosi:

murai batu birahi dan emosi
murai batu birahi dan emosi
  • Cara yang paling mudah mengetahuinya yaitu melihat bagian ekor burung. Ketika mental naik murai batu akan menggerakkan ekor dengan cepat.
  • Kemudian dia akan jadi sering naik turun ke bawah seolah ingin keluar dari sangkar.
  • Burung mengeluarkan suara gacor yang keras dan bervariasi.
  • Keadaan emosi tersebut membuat burung terlihat sangat gelisah dan terus berbunyi.

 

 

Bagaimana Cara agar Murai Batu Lebih Cepat Emosi?

Meningkatkan mental dan membuat burung lebih agresif memang sangat diperlukan. Caranya yaitu dengan pola perawatan serta latihan yang konsisten. Berikut beberapa tips supaya burung lebih cepat emosi:

1. Pakan Berkualitas

Faktor utama penentu kualitas burung kicau adalah pola perawatan, pakan adalah bagian paling penting yang tidak boleh dianggap remeh. Makanan burung murai batu terdiri dari berbagai macam pakan agar suaranya bagus. Diantaranya yaitu jangkrik, ulat hongkong, kroto, lava dan lain-lain.

 

2. Memandikan Burung

Memandikan murai batu sudah menjadi rutinitas yang perlu dilakukan para penghobi burung. Pasalnya ada banyak sekali manfaat memandikan burung, yakni membuatnya jadi segar dan dapat meningkatkan kualitasnya. Selain itu sobat perlu paham dan mengetahui waktu dan cara memandikan burung yang paling efektif.

 

3. Menjemur Burung

Waktu paling tepat untuk menjemur burung ialah saat pagi hari menjelang siang, yaitu antara pukul 8-11. Sinar matahari pagi sangat berguna bagi burung. Selain membuatnya lebih sehat. penjemuran berguna meningkatkan stamina, mental dan suara jadi lebih bagus.

 

4. Berlatih Dengan Murai Betina

Setelah dilakukan perawatan rutin yang benar, cara untuk membuat burung murai cepat emosi ialah dengan memakai murai betina. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa tingkat emosi berkaitan dengan birahi burung. Jadi metode ini cukup ampuh, tergantung bagaimana sobat mengatur pola latihan ini.

 

5. Berlatih Dengan Burung Lain

Selanjutnya sobat bisa juga meningkatkan mental murai batu dengan berlatih bersama burung lainnya. Latihan yang hampir mirip dengan lomba ini bisa menjadi sangat manjur karena burung bisa langsung beradu suara kicau. Tapi sebaiknya untuk latihan yang satu ini harus lebih hati-hati. Pasalnya jika mental terlalu lemah bisa saja burung justru tidak mau bunyi selamanya.

 

 

Tips Membangkitkan Mental Murai Batu Sebelum Kontes

Sebelum burung kesayangan di bawa ke arena kontes perlu dipersiapkan terlebih dahulu, mulai dari kesehatan fisik dan mental. Berikut beberapa tips membangkitkan mental burung kicau:

Minggu Pertama Sebelum Lomba

Pada minggu pertama ini sobat hanya perlu fokus pada perawatan seperti pemberian pakan, memandikan burung, menjemur dan latihan normal. Lakukan secara rutin atau konsisten selama satu minggu.

 

Minggu Kedua

Selanjutnya pada tahap ini sobat harus dapat mengendalikan tingkat emosi dan birahi murai batu. Burung yang bagus ialah yang mampu mengontrol tingkat kepercayaan dirinya., jadi jangan sampai kurang ataupun berlebihan. Sebaiknya sekali-kali memandikan burung pada sore hari dan memasukkan ke kandang yang di tutup kain.

 

H-3 Sebelum Lomba

Setelah perawatan rutin pada minggu pertama dan kedua, ketika tiga hari sebelum kontes burung murai batu harus melewati latihan mental sebelum di bawa lomba. Sobat bisa memakai berbagai cara seperti latihan dengan burung lain, menggunakan MP3 atau dengan murai betina.

 

H-1 Sebelum Lomba

Satu hari sebelum lomba tentu menjadi saat-saat yang mendebarkan. Pada H-1 ini burung murai sebaiknya dibiarkan istirahat total dengan dimasukkan ke sangkar yang ditutup kerudung.

Baca: Mengenal Burung Larwo Sebagai Murai Jawa Asli

Hasil dari perawatan dan latihan akan terlihat setelah burung berada di arena lomba. Maka dari itu penting sekali untuk melakukan perawatan yang maksimal agar bisa menang. Itulah beberapa cara yang dapat sobat lakukan untuk membuat murai batu cepat emosi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *