perbedaan anak kenari jantan dan betina

Perbedaan Anak Kenari Jantan dan Betina

Memastikan perbedaan antara anak burung kenari jantan dan betina adalah langkah paling penting. Karena jika sobat ingin memiliki kenari yang berkualitas maka harus tahu ini.

“Kualitas suara burung kenari sangat ditentukan oleh jenis kelamin.”

Apalagi bila sobat ingin mengembangkan usaha budidaya kenari, pasti membutuhkan sepasang kenari jantan dan betina sebagai induk. Kemudian jika sobat merawatnya sejak anak-anak, pasti hasil telur yang dihasilkan sangat bagus dan berkualitas.

Apakah sobat sudah tahu bagaimana cara mengetahui perbedaan anak kenari yang masih kecil?., Tidak perlu khawatir karena kita akan membahasnya pada pertemuan kali ini.

 

Ciri Anak Kenari Berkelamin Jantan

Banyak yang bilang bahwa perbedaan antara burung kenari jantan dan betina hanya bisa dilihat ketika sudah dewasa, padahal tidak demikian. Bagi peternak yang teliti tentu bisa mengetahui kelamin burung sejak usia dini.

1. Pembuluh Vena

Salah satu cara yang paling tepat untuk mengetahui karakteristik anak kenari jantan yaitu dengan melihat pembuluh vena. Karena sobat bisa mengetahuinya sejak usia kurang dari seminggu.

membedakan kelamin kenari
Perbedaan kenari Via koranburung.blogspot.com

Biasanya terdapat garis pembuluh vena yang terlihat pada bagian bawah perut hingga ke dubur burung. Maka dari itu sebelum tumbuh bulu cara ini menjadi yang paling efektif.

 

2. Bentuk Kepala

Bentuk kepala anak kenari jantan lebih besar dan tidak terlalu bulat. Apalagi pada saat kepala burung belum ditumbuhi oleh bulu. Perbedaan dengan betina yaitu kepalanya jauh lebih kecil dan bulat.

 

3. Posisi Paruh Burung

Cara melihat ciri anak kenari jantan yaitu lewat posisi paruh. Dimana letak paruh dan mata sejajar lurus, berbeda dengan burung kenari betina.

 

4. Perilaku Anak Burung

Berdasarkan gerak-gerik atau perilaku, anak kenari jantan jauh lebih aktif dibandingkan betina. Bahkan sobat bisa melihatnya sejak usia burung menginjak dua minggu. Lalu setelah memasuki minggu ketiga dia akan lebih aktif dan mulai belajar bersuara.

kenari jantan dan betina
Kenari jantan dan betina Via YouTube

 

Ciri Anak Kenari Berkelamin Betina

Setelah membaca penjelasan di atas maka sobat dapat mengambil teori kebalikan dari kenari jantan. Berikut ini ciri anak kenari betina secara umum:

  • Pembuluh vena tidak terlihat meskipun anak burung belum ditumbuhi bulu.
  • Bentuk kepala sedikit kecil dan lebih bulat.
  • Tidak aktif bergerak dan butuh waktu berbulan-bulan sampai dia mau bersuara.
  • Paruh tidak sejajar dengan mata.
  • Mempunyai kaki yang dominan lebih panjang.

Baca: Mengatasi Burung Murai Batu Macet Bunyi? Terapi Terbaik

 

Penjelasan mengenai perbedaan antara anak kenari jantan dan betina di atas bisa sobat jadikan referensi untuk mengetahui kelamin burung kenari. Kebanyakan pecinta burung menyukai kenari jantan untuk dipelihara karena kualitas suaranya lebih bervariasi. Tapi mengetahui perbedaan kelamin ini akan sangat berguna bagi sobat yang ingin mencoba berternak atau mengembangkan budidaya burung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *