sabung ayam indonesia

Bukti Sabung Ayam Menjadi Budaya Di Indonesia

Indonesia adalah negara yang terdiri dari beberapa keragaman etnis, bahasa maupun budaya yang berbeda. Budaya sabung ayam telah menjadi bagian penting dari masyarakat Indonesia sejak dahulu kala.

Sementara kebanyakan orang melarang adu ayam, tetapi kebanyakan orang masih melakukannya antaran hobi. Memang tidak bisa dipungkiri bila tradisi sabung ayam telah menjadi bagian dari budaya ita.

Sejak zaman nenek moyang kita, sabung ayam dikenal dari masa kerajaan dan bahkan telah lama sebelum itu. Berikut adalah perjalanan dan pengembangan sabung ayam di Indonesia:

 

1. Bukti sabung ayam di Jawa

Sabung ayam terbukti berdasarkan cerita rakyat Jawa selama beberapa generasi. Di Jawa sabung ayam dibuktikan dengan cerita rakyat Cindelaras, seorang pemuda yang kuat dan ayam yang dimilikinya. Suatu hari Raja Jenggala Raden Putra membuat kontes atau lomba pertandingan ayam.

Lalu katanya, barang siapa yang mampu mengalahkannya maka dia akan memberikan setengah kekayaan yang dia miliki.Tapi, ketika Raja memenangkan kontes, ia akan memenggal kepala penantang. Cindelaras menyetujui tawaran itu dan pada akhirnya mampu memenangkan kontes.

 

2. Sejarah sabung ayam di tanah Bali

Bali adalah sebuah pulau yang sangat indah di bumi Indonesia. Adu ayam dalam budaya Bali telah ada sejak zaman kuno dengan istilah trajen. Sebuah sabung ayam adalah simbol tradisi dilakukan sebagai ritual, tapi seiring waktu telah menjadi kebiasaan budaya Bali.

 

3. Sabung ayam suku Bugis

Masyarakat Bugis memiliki mitologi yang dilambangkan dengan “ayam”, yang berarti bukti kekuatan. Seseorang yang dianggap sebagai pemberani adalah mereka yang biasanya gemar ayam, judi dan minum alkohol. Hal ini ditulis dalam kitab Galigo, dan sejarah konflik antara dua kerajaan didirikan dengan adu ayam di abad ke-16.

Baca: Manfaat Tomat Bagi Ayam Bangkok Aduan

Jadi budaya sabung ayam di Indonesia telah menjadi tradisi turun temurun dari zaman kuno. Sejauh ini, sabung ayam masih ada, meskipun kita hidup di dunia yang makin canggih ini. Bahkan ada banyak jenis ayam aduan modern masa kini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *